Minggu, 26 Oktober 2014

"Pulau Sempu Malang" - Wisata Alam Indonesia

foto : anak-ragil.us

anak-ragil.us - Bagi sobat yang berkunjung ke daerah Malang - Jawa Timur tak lengkap kalau sobat belum mengunjungi pesona wisata yang satu ini, kawasan eksotis yang di sebut Pulau Sempu. Pulau Sempu terletak di desa Tambak Rejo, kecamatan Sumbermanjing wetan kabupaten Malang. Pulau dengan luas 877 hektar berlokasi sekitar 80 Kilometer dari Kota Malang dan 180 Kilometer dari Kota Surabaya. Menurut papan informasi yang saya baca pulau ini di kelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Timur (BBKSDA) dan Departemen Kehutanan Indonesia.

Untuk menginjakan kaki di pantai pulau sempu sobat harus melalui hamparan laut mengunakan perahu milik penduduk setempat yang di sewakan sekitar Rp. 80.000 - Rp. 100.000 dengan maksimal 10 penumpang untuk sekali tumpangan pulang-pergi, jarak yang sobat tempuh untuk menyebrang tidak begitu lama hanya sekitar 15 menit sobat sudah bisa menginjakan kaki di pulau eksotis ini.

Foto : anak-ragil.us

Hamparan pasir butih bercampur birunya laut yang di suguhkan oleh pulau ini membuat saya dan bahkan sobat yang pernah kesana merasa tak pernah ingin kembali pulang meninggal keindahan alam yang istimewa ini. Tak heran traffic wisatawan yang berkunjung ke pulau sempu ini bertambah setiap harinya baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

foto : anak-ragilus

Tak hanya sampai disini, ini masih belum seberapa. Keindahan pulau sempu yang sebenarnya terletak di tengah-tengah pulau sempu. Ya adalah Laguna Segara Anakan yang letaknya 3 Kilometer selatan pulau sempu, tersembunyi di tengah lebatnya hutan tropis. Pantai laguna yang menurut saya lebih mirip danau karena luasnya hanya sekitar 4 hektar tersebut suatu keindahan alam yang sangat sangat sangat indah. Pasir putihnya yang bertemu air laut yang biru dan airnya sangat tenang karena memang pantai ini terpisah dari laut lepas dan di kelilingi batuan karang.

Untuk sampai ke Laguna Segara Anakan sobat harus melalui medan hutan alam yang benar-benar masih alami dengan berjalan kaki, sekitar 1-2 jam perjalan. Bagi sobat yang belum pernah kesana dan tidak tahu jalan, sobat bisa memanfaatkan jasa pemandu yang bisa menuntun sobat dan rombongan untuk sampai ke laguna. Biaya / tarif pemandu sekitar Rp. 100.000. Bagi kalian juga yang merasa tidak ingin pulang, tenang sobat bisa bermalam di laguna dengan menggunakan tenda yang sobat bawa dari rumah, dan yang tidak membawa tenda pun tak perlu khawatir, karena sobat juga dapat menyewa tenda yang di sediakan di pantai tempat menyewa perahu sebelum menyebrang ke pulau sempu. Biaya peminjaman tenda sekitar Rp. 50.000 untuk satu malamnya.

Foto : anak-ragil.us (pantai sempu)

Foto : Courtesy of Google (jalur trekking)

Foto : Courtesy Of Google (Laguna Segara Anakan)

Bagi sobat yang ingin pergi ke pulau sempu, sobat harus benar-benar menyiapkan diri sebaik-baiknya. Diharapkan bago sobat yang berniat bermalam di pulau itu harus membawa cadangan air minum karena di pulau sempu tidak ada suber mata air tawar. Sekilas info aja ya, lebih baik sobat berkunjung di saat musim kemarau karena jikalau sobat datang kesana saat musim hujan, jalan / jalus yang sobat lalui akan penuh dengan lumpur yang akan menyulitkan perjalanan sobat.

Sekian info dan pengalaman yang pernah saya alami di Pulau Sempu. semoga ini bisa menjadi rekomendasi perjalanan wisata anda, dan selamat menikmati alam Indonesia... :))

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggal komentar anda jika Artikel di atas menarik...