Senin, 09 Juni 2014

Robot Amphibi Pengangkut Sampah Buatan Anak Negeri

 Robot Amphibi Pengangkut Sampah Buatan Anak Negeriilustrasi robot (foto: okezone)GRESIK - Robot amphibi pembersih sampah karya siswa SMK Gresik menjuarai lomba robotik tingkat nasional, yang digelar oleh Institut Teknologi Surabaya pada awal Mei 2014 silam. Sukses para siswa SMK ini tak lepas dari kebiasaan para siswa yang gemar mengutak-atik perangkat elektronik.

“Bersama dua teman saya, saya tertantang untuk merakit robot pembersih sampah yang tidak hanya mampu beraktivitas di darat, tetapi juga di air,” kata Achmad Iqbal Ghozali, siswa perakit robot, di Gresik, Kamis (8/5/2014).


Iqbal bersama dua temannya Muhammad Gilang dan Muhammad Wildan, yang merupakan siswa SMK PGRI 1 Gresik mengaku memiliki alasan mengapa mengambil tema tempat sampah dalam pembuatan robot.


“Saya terilhami oleh banyaknya tumpukan sampah dan saya prihatin melihat tumpukan sampah yang tidak kunjung bersih. Intinya prihatin melihat sampah menumpuk yang mengotori lingkungan dan menimbulkan aroma tak sedap,” jelas Achmad Iqbal.


Robot yang dibuat Iqbal dan dua temannya pun bukan sembarang robot, karena robot ini diciptakan mampu bekerja dalam kedaan kering maupun basah. Dan yang hebatnya, mampu berjalan di medan yang cukup terjal, berbukit dan sulit.


Layaknya kendaraan truk pengangkut sampah, robot sederhana berbahan fiberglass dan styrofoam, mampu bergerak memutar, mundur, mendorong bak pengangkut sampah hngga berjalan di darat maupun di air.


sumber : okezone.com

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggal komentar anda jika Artikel di atas menarik...