Senin, 09 Juni 2014

Wah, Ilmuwan Bikin "Robot Sperma"

Wah, Ilmuwan Bikin Robot sperma buatan ilumuwan Belanda (foto: BBC)AMSTERDAM - Seorang ilmuwan di Belanda, baru-baru ini menciptakan sebuah robot yang berbentuk sperma. Robot kecil itu di kontrol dengan menggunakan medan magnet. 

Robot mirip sel sperma ini terbuat dari polimer yang kuat tetapi fleksibel, dengan lapisan logam yang dicat di ujung kepalanya.


Seperti dikutip dari BBC, Minggu (8/6/2014), desain robot ini tidak terlalu rumit, sangat sederhana karena memang bentuknya kecil. Robot ini memiliki kepala berlapis logam dan tubuh yang dapat bergerak fleksibel yaitu sekitar enam kali lebih lama dari sperma manusia.


Dalam uji coba, robot sperma ini, dapat melakukan gerakan ke depan dan belakang dengan cara berenang. Tentunya, tetap menggunakan magnet untuk bisa mengarahkan robot imut itu. Mereka berharap temuan yang dipublikasikan di Jurnal Applied Physics Letters, akan berguna dalam aplikasi medis dan manufaktur. 


"Kami telah menciptakan mikro-robot yang terinspirasi bentuk dan pergerakansel sperma, tetapi ini benar-benar kami buat di laboratorium," kata Dr. Sarthak Misra, peneliti robotika di University of Twente, Belanda.


Sperma, seperti sejumlah bakteri, menggunakan cambuk seperti "flagellum" untuk mendorong mereka bergerak. Para insinyur ini juga menciptakan semacam kopling ekor magnetik untuk mengarahkan pergerakan sel darah merah, atau untuk mengendalikan pergerakan sperma.

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggal komentar anda jika Artikel di atas menarik...